Saturday, July 13, 2013

9 Gejala Penyakit Serius Yang Sering di Abaikan

Gejala pusing,sakit perut,mual, dan sering haus saat kita di usia 20 sampai 30 tahun, mungkin hal yang sudah biasa dan sering diremehkan. Tapi berhati-hatilah,karena gejala tersebut bisa jadi indikasi masalah kesehatan saat kita menginjak usia 40 tahun. Berikut ini 9 gejala penyakit serius yang sering diabaikan ;

1.Haus tak tertahankan

Cuaca panas tapi anda tak berkeringat,justru merasa haus tak tertahankan, kemungkinan besar
itu gejala Diabetes tipe 2.
"Haus seperti ini karena kandungan air dalam tubuh banyak diubah menjadi urine, akibat kadar gula terlalu tinggi," menurut Leann Olansky, MD, alhi endokrinologi di Cleveland Clinic. Gejala diabetes tipe 2 lainnya adalah lapar berlebihan sedangkan berat badan turun serta dehidrasi dan sering buang air kecil.

2.Gugup dan Cemas

Gugup atau cemas diusia 20 tahun karena kencan pertama, itu hal yang wajar.
"Namun jika sering terjadi, kemungkinan anda terserang penyakit jantung," ujar Kevin R, MD, ahli jantung di University of North Carolina, Chapel Hill.
Pada wanita yang memiliki hormon berbeda, gejala ini biasa diserta dengan mual, sesak nafas, dan nyeri dada.

3.Sakit perut

Menurut Phiet Phung, MD, gastroenterologis di Torrance, California, sakit perut bisa disebabkan karena intoleransi laktosa, tapi masalah serius lainnya yaitu kanker pankreas atau ulkus peptikum, kandung empedu, atau penyakit inflamasi usus. Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah sakit perut terus menerus, terbangun dimalam hari disertai demam, muntah saat makan, serta berdarah saat buang air dengan tinja berwarna hitam.

4.Wajah memerah

Wajah memerah karena malu mungkin sudah biasa, tapi jika terus menerus maka penyebabnya karena rosacea atau pembuluh darah rusak.
Menurut Jesicca Krant, MD, asissten profesor dermatologis klinis SUNY Downstate Medical Center di Brooklyn, rosacea tak berbahaya. Penyebabnya bisa jadi karena makanan pedas, alkohol, kopi. Rosacea dengan keringat berlebihan , detak jantung kencang, dan tekanan darah tinggi bisa jadi karena kelainan hormonal. Pengobatan biasanya dengan krim tropikal atau perawatan laser.

5.Bad mood tak beralasan

"Progesteron yang rendah bisa menyebabkan mood yang berubah-ubah pada wanita pada usia diatas 40tahun," kata Sara Gottfried, MD, seorang OB GYN dan penulis The Hormone Cure. Menurutnya tingkat kortisol tinggi dan tiroid yang rendah bisa jadi penyebabnya. Gejala lainnya seperti lekas marah, PMS, cemas dan susah tidur. Untuk mengatasinya, Vitamin C dan diet bisa meningkatkan kadar progesteron sedangkan meditasi dan yoga bisa meningkatkan kadar kortisol.

6.Tangan kebal dan kesemutan

Jika andan sering mengalami ini,apa lagi sudah sampai 10 tahun lebih, ini artinya karena anda terkena carpal tunnel syndrome. "Jika tangan sering merasa kebal atau kesemutan saat tidur atau beraktivitas, kunjungi dokter segera, biasanya pengobatan melalui suntikan steroid, obat anti-inflamasi, atau latihan fisik,"kata C David Geier, jr, MD, direktur bidang kesehatan olahraga di the Medical University of South Carolina.

7.Keseleo

Keseleo terlalu sering indikasi anda mengalami osteoporosis yang menyebabkan tulang rapuh. "Jika anda memiliki faktor risiko osteoporosis, sebaiknya lakukan pemeriksaan kepadatan tulang,"kata Steven Gausewitz, MD, kepala staf di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California.

8.Sakit kepala

Sering sakit kepala bisa dikarenakan kadar gula terlalu rendah dalam tubuh, menurut Dr Campbell cara mengatasinya bisa dengan makan-makanan yang manis atau minum jus buah. Tapi anda juga perlu berhati-hati, sering sakit kepala disertai dengan detak jantung yang terlalu cepat artinya ada indikasi gangguan jantung.

9.Nyeri betis

Nyeri betis akibat memakai sepatu tinggi atau menari itu wajar, tapi jika anda merasakannya terus-terusan bisa jadi anda menderita deep vein thrombosis yaitu pembekuan darah yang bisa menyebabkan penyumbatan dan menjadi embolus pada paru atau emboli paru, "jika anda sesak nafas, ini berarti anda terkena emboli paru, "kata Dr Campbell.
Nyeri betis bisa diakibatkan oleh terlalu sering duduk, pil KB, pasca operasi.

Mulailah hidup sehat sesegera mungkin...... :D

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . DUNIA PARAREL - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger